Ganti Nomer HP? Hati-hati Nomor Whatsapp Lama Bisa Dipakai Orang lain Lho!

Pernah gak sih menghubungi seseorang di kontak handphone kamu tapi yang respon bukan orang yang kamu maksud? Apalagi kalau itu adalah adikmu sendiri. 

Aku ini merantau keluar kota, sedangkan adik ku tinggal bersama orangtua. Sebut saja namanya mufidah, Sekian lama tidak komunikasi, pagi itu aku ingin berkunjung ke rumah orangtua dan aku whatsapp lah adikku itu.

Anehnya gak ada respon sama sekali, aku telpon beberapa kali juga gak ada respon padahal pesanku dibaca. Ceritanya berhenti sampai di situ, singkat cerita saat aku tiba di rumah orang tua ku. Aku interograsilah adikku itu. "Mufidah, kenapa wa aku gak dibales?", "Hah? gak ada wa kok?" -Ucapnya bingung.

Lalu aku tunjukkanlah chat aku di wa, seperti screenshoot di bawah ini :

Ternyata, no hp adikku itu di sudah habis masa berlakunya 1 pekan yang lalu karena terlalu asyik di rumah pakai wifi, jadi gak pernah isi pulsa. Ketika ganti hp, dan ingin registrasi ulang whatsapp di hp yang baru whatsapp pasti membutuhkan verifikasi yang harus dikirimkan melalui sms / telpon ke nomer tersebut, karena sudah habis masa berlakunya maka verifikasi itu pun gagal, dan adikku memutuskan membeli nomer baru.

Chat berikut ini masih untung karena lawan bicaranya tidak merespon, tapi mungkin bisa jadi berbahaya kalau justru direspon dengan maksud tertentu.

Apa efek negatifnya?

Semua Group kita akan hilang, dan mungkin teman-teman atau saudara kamu yang gak tau akan kebingungan ngontak kamu. Seperti kejadian di atas.

Data kontak di group lama kamu bisa dimanfaatkan orang lain, bayangin ya misal kamu beli nomer perdana baru yang nomer tersebut merupakan nomer bekas yang dijual kembali oleh provider. Saat kamu register whatsapp menggunakan nomer baru tersebut maka pastinya group-group dan data kontak orang yang kamu pernah chat akan muncul seperti ini :




Nah cukup berbahaya kan? Lalu bagaimana antisipasinya?

Ketika nomermu sudah expired dan kamu ingin ganti nomer baru, jangan langsung dihapus whatsappnya. Lakukan langkah-langkah berikut agar nomer lama kamu aman dan bersih dari jejak whatsapp.

  1. Beli nomer baru dan aktivasi di hp lainnya atau di slot sim card 2 kamu.
  2. Setelah nomer baru aktif, maka gunakan fitur whatsapp "Change number/Ganti Nomor", melalui menu "Setelan ⇢ Akun ⇢ Ganti Nomor"

  3. Whatsapp akan memverifikasi nomer baru tersebut dan memindahkan data akun whatsapp anda dari nomer lama ke nomer baru. Dan pada semua group dan kontak yang ada di hp kamu whatsapp akan memberitahu bahwa kamu sudah berganti nomer.

  4. Nah setelah ini kamu boleh buang sim card kamu dengan tenang.

Sisi positif adakah?

Kalau kamu sudah terlanjur beli nomer baru tapi tidak sempat melakukan proses ganti nomer, tenang saja kamu masih akan tetap mendapatkan hal baik kok, segala hal pasti ada baiknya kan?๐Ÿ˜Š

Lakukanlah pendaftaran whatsapp seperti biasa dengan sikap optimis, lakukan registrasi dan whatsapp akan melakukan verifikasi nomer baru kamu seperti biasa, sampai tampilan aplikasi whatsapp seperti di bawah ini.


Ketika whatsapp kamu nampak kosong seperti di atas, maka kamu akan merasa seperti bayi yang baru dilahirkan, saatnya kamu memulai hidup baru dan melupakan masalah-masalah di masa lalu. Tidak perlu menyesali yang sudah pasti tidak bisa kembali ya sobat.


Selamat berakhir pekan, semoga bermanfaat. ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ™

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama