Simulasi Mikrotik Burst dengan Excel


Mikrotik adalah sebuah router yang dapat digunakan untuk manajemen pengelolaan internet. Router kelas menengah ini biasa digunakan di universitas, sekolah dan pada perusahaan kelas menengah, karena harganya yang terjangkau alias murah namun fiturnya yang sangat lengkap. Mulai dari manajemen bandwidth, user hotspot / captive portal, dns manajemen, simple web proxy, dll.

Cuma kali ini saya ingin membahas salah satu fitur bandwidth manajemen mikrotik yaitu burst. Burst merupakan fasilitas mikrotik yang berfungsi memberikan bonus bandwidth kepada user selama beberapa detik dengan tujuan memberikan hentakan kecepatan tinggi untuk beberapa saat saja. Apa tujuannya? Tujuan fitur burst adalah memberikan kesan/efek internet yang disediakan berkecepatan tinggi.

Contoh Kasus penggunaan Burst

  • User Browsing

pada saat user melakukan browsing dan user membuka website untuk pertama kali maka kebutuhan pada 5 detik pertamanya sangat tinggi namun ketika user sedang membaca website tersebut maka kebutuhannya bandwidthnya menurun.

  • Nonton Youtube
Burst juga sangat berguna bagi para penikmat youtube karena hentakan awal saat user pertama kali juga menentukan kesan performa internet yang tinggi dan tidak buffering. Saat user memilih video youtube untuk ditonton maka bonus bandwidth diberikan selama beberapa detik sehingga video dengan cepat tersaji tanpa buffering dan jeda waktu video lebih panjang dari buffernya, lalu pada saat bonus sudah digunakan kecepatan normal berlaku dan dapat digunakan untuk mencicil buffer video youtubenya.

Memahami Cara Menghitung Burst

Burst-threshold=2M, Max-limit=3M, Burst-limit=6M, Burst-time=10s

Max-limit : batas kecepatan queues maksimal user
Burst-threshold : ketentuan nilai burst 
Burst-limit : bonus kecepatan yang diberikan apabila pemakaian rata-rata kurang dari nilai burst
Burst-time : range waktu yang digunakan untuk menghitung rata-rata pemakaian internet user

Dengan rule di atas awalnya user mempunyai hak bandwidth sebesar 3M lalu dengan dijalankan skenario burst maka router mikrotik akan menghitung rata-rata pemakaian internet user di setiap rentang 10 detik, apabila rata-rata kecepatan per detik user kurang dari 2M maka user berhak mendapat bonus sebesar 6M

Simulasi Burst dengan Excel

Akses simulasi burst dengan excel pada link berikut s.id/simulasi-burst-mikrotik (note: mohon tidak mengubah rumus, jika ada perubahan mohon diberi komentar/catatan)

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama