5 Tips Membuat Teknologi Roadmap untuk Startup

Memulai bisnis rintisan atau startup yang terkenal dengan bisnis "bakar uang" benar-benar tidak mudah, dibutuhkan tips khusus agar unggul dalam persaingan. Berikut kami sajikan bagaimana membuat roadmap teknologi agar tepat sasaran dan efektif.

1. Roadmap bukan sekedar daftar pekerjaan
Roadmap bukan sekedar daftar pekerjaan yang anda ingin lakukan, tapi lebih dari itu. Pada roadmap, daftar pekerjaan harus memiliki timeline yang jelas, mana yang harus dikerjakan untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dan kesemua itu saling terkait. Sehingga tangga menuju visi tertinggi terlihat lebih jelas, yang tentunya akan membuat anda lebih mudah menaiki tangga tersebut.

2. Buat Prioritas pada roadmap
Tujuan membuat roadmap pada dasarnya adalah sebagai acuan perusahaan atau startup anda mengambil keputusan dan ini berefek pada budget dan investasi. Karena itu roadmap disebut efektif jika dalam roadmap tersebut ada daftar prioritas rencana yang akan dikerjakan. Bagusnya prioritas rencana dalam roadmap ada disetiap tahun atau semester.

3. Dukungan managerial
Sebelum melangkah terlalu jauh merancang roadmap ada baiknya anda berkonsultasi dan minta arahan dari atasan atau bagian manajerial perusahaan. Karena merekalah yang punya kuasa atas anggaran. Kalau sudah ada arahan kebijakan anda akan lebih mudah membuat roadmap, dan dukungan dana juga akan lebih mudah didapat.

4. Minta masukan saat perancangan roadmap kepada user
Target atau objek yang bersentuhan dengan produk teknologi anda adalah user (pengguna produk). Sehingga tidak ada salahnya meminta masukan dan saran mereka, agar user merasa roadmap ini adalah rencana mereka juga. Jika demikian implementasi rencana di lapangan akan didukung penuh.

5. Visualisasikan roadmap anda
Terakhir namun mungkin bukan yang terakhir, adalah metode atau cara kita menyampaikan roadmap. 1 gambar memiliki 1000 kata. Visualisasikan roadmap anda gunakan video motion graphic, infografis, atau paling tidak powerpoint. Ini tentu akan menambah keyakinan atasan juga user akan rencana anda.
Selamat membuat roadmap startup.

Tulisan ini diterjemahkan dengan bahasa sendiri dari video https://youtu.be/yVUGyJJDfJM oleh CEO Nextgroup Ross Brindle



Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

4 Komentar

Lebih baru Lebih lama