2 Jam Berlalu Whatsapp Masih Down!


Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 54 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Saat kami coba, mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di refresh dengan tulisan "couldn't refresh feed."

Hingga berita ini naik, masih belum diketahui secara pasti apa yang membuat platform media sosial milik Facebook ini down.

Kejadian ini dikonfirmasi oleh Whatsapp melalui akun twitter resminya. "We're aware that some people are experiencing issues with WhatsApp at the moment. We're working to get things back to normal and will send an update here as soon as posible. Thanks for your patience!"

Sudah lebih dari 2 jam berlalu saat kejadian ini dilaporkan, namun whatsapp belum juga kembali up. WhatsApp, Instagram dan Facebook memang terafiliasi di bawah naungan Facebook Group, sebagai praktisi IT saya bisa menyimpulkan bahwa ini adalah masalah jaringan internal facebook group yang mengalami miskonfigurasi.

Miskonfigurasi jaringan bisa menyebabkan serentak down-nya hampir semua layanan facebook. Karena aplikasi mereka pasti disimpan di satu jaringan yang sama. Bahkan website resmi mereka yang beralamat di whatsapp.com, blog.whatsapp.com, web.whatsapp.com pun tidak bisa di akses.

Karena itulah whatsapp menginformasikan update melalui akun Twitter, yang beda jaringan dengan mereka. :)

Selamat bekerja lembur para engineer Whatsapp, Instagram dan juga Facebook. Kami menunggu update.

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama