AWS Masih Mengukuhkan Brandnya Sebagai Yang Terkuat Tahun 2021, Bosan?

Amazon Web Service masih mengukuhkan tajinya sebagai cloud provider terbanyak digunakan, paling disukai, dan paling diinginkan oleh para developer.


Baru-baru ini stackoverflow merilis survey tahunannya kepada para developer di seluruh dunia. Salah satu hasilnya yang tidak menarik dan tidak mengejutkan menurut saya adalah masih mendominasinya AWS dalam dunia per-cloud provider-an.

Dengan pertanyaan "Cloud provider apa yang anda gunakan selama 1 tahun ke belakang ?" dari 62rb lebih responden 54% menjawab AWS, disusul GCP, Azure, Heroku, DigitalOcean, IBM, dan terakhir oracle.


Diantara para responden yang berprofesi sebagai profesional developers sekitar 40rb, memiliki statistik yang agak berbeda, dengan Azure masuk di posisi kedua di atas GCP, sedangkan posisi cloud provider lainnya tidak ada perubahan. Ini menjawab bahwa konsumen Azure lebih banyak dari kalangan corporate


Nah lalu stackoverflow merilis cloud platform paling disukai dengan hasil kurang lebih sama dengan urutan jumlah penggunanya kecuali Heroku dan DigitalOcean yang bertukar posis juga IBM dan Oracle yang juga bertukar posisi. Tau artinya kan? berarti digitalocean secara umum lebih disukai daripada heroku walaupun penggunua heroku lebih banyak dari digitalocean. Begitu juga dengan IBM dan Oracle.


Kemudian untuk cloud provider yang paling diinginkan para developer dengan pertanyaan "Cloud provider apa yang anda ingin coba gunakan tahun depan?" 


dan.. AWS lagi.. yah saya pun sudah bosan dengan dominasi, gak seru gitu. seperti halnya valentino rossi yang dulu mendominasi motogp, saya kurang senang dengan suasana persaingan seperti itu. Saya lebih senang motogp yang tahun ini, persaingannya lebih seru.

Kalau cloud pilihan saya Biznetgiocloud. Hehe. Produk Indonesia.

Sampai jumpa di posting berikutnya 👋

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama