Kenapa Hyperlink (Tautan) Berwarna Biru? Bagaimana Sejarahnya? Siapa yang memulai?

Pasti baru pada ngeh ya? Kenapa tautan atau yang biasa disebut hyperlink berwarna biru? Kenapa gak merah aja atau hijau atau kuning? Apakah ada filosofi dibalik warna biru tersebut?

Bagi pada belum ngeh apa sih hyperlink itu? Maka pengertian sederhananya adalah sebuah text pada aplikasi/website/blog yang dapat di klik dan memiliki suatu tujuan menuju suatu lokasi di dunia maya.

hyperlink (tautan) pada aplikasi whatsapp

hyperlink pada artikel wikipedia

Dan ternyata web browser pertama kali muncul "Mosaic" (sebelum Netscape, 1993) telah menggunakan hyperlink berwarna biru. Kita coba pergi kebelakang lagi. Project Xanadu (1964), project pertama yang menggunakan text untuk menautkan satu halaman dengan halaman lainnya.

Project Xanadu (1964)

Hyperlink tidak semuanya biru

Pada tahun 1985, Microsoft merilis Windows 1.0 yang di dalamnya terdapat aplikasi Microsoft Word, di dalam aplikasi tersebut ada fitur help yang menggunakan hyperlink tapi tidak menggunakan warna biru.

ternyata sejak tahun 1985 sampai skrg model helpnya Microsoft Word mirip ya.. ๐Ÿ˜„

Dua tahun kemudian Apple merilis aplikasi bernama Hypercard yang juga pertama kalinya membuat hubungan antar halaman menggunakan hyperlink tapi, tidak berwarna biru melainkan hitam.

Apple hypercard (1987)

Lalu siapa yang memulainya menjadi warna biru? Dan seperti menjadi standar atau kebiasaan, walaupun secara resmi Konsorsium W3C tidak pernah merilis standar warna hyperlink ini.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa ini seperti menjadi standar, kalau sedikit berteori saya punya pendapat bahwa dari sisi UI dan UX warna biru memberi kesan dan perhatian terhadap sebuah text bahwa ada sesuati di sana terlebih saat ini teknologi CSS membuat cursor mouse berubah iconnya dari panah menjadi icon tangan. Sekian.

Terimakasih sudah membaca artikel teknologi di Eksplore ๐Ÿ˜Š

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama