3 Tipe Website yang Direkomendasikan Google Paling Cuan Menghasilkan Adsense

Bisnis website saat ini pamornya mungkin sudah turun di mata Internet Marketer, tapi taukah anda pengguna internet saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang exponensial dipicu oleh "pandemi". Dunia maya penuh sesak saat ini, kuenya tentu terbagi-bagi. Beberapa segment kebanjiran pelanggan dengan sangat tinggi. Sosial Media, E-Commerce, Platform Keuangan Digital, Aplikasi Video Conference, dll.

Mereka semua ini pemain yang punya produk dan aplikasi, lalu bagaimana dengan website? Saya yakin pasti akan bertumbuh juga jumlah pengunjung website seiiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet. Tahun 2021 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202 Juta.

Baiklah secara teori tentu bisnis membuat website masih cuan, lalu diposting kali ini saya mau bahas menghasilkan cuan lewat website dengan iklan (Google Adsense). Berikut 3 tipe website yang direkomendasikan oleh Google untuk mendapatkan cuan paling besar dari Google Adsense.

Web blog

Seperti blog ini? ya tentu! 😅, anda lihat sendiri jumlah iklan di blog eksplore ini tentu cuannya ada. Lalu tipsnya apa agar cepet dapet cuan dari Blog? 

  1. Posting setiap hari, minimal 1 post. Sempatkan 15-30 menit anda setiap hari untuk menulis artikel, berita, tutorial, berita, atau apapun di blog anda.
  2. Buat blog dengan topik tertentu yang unik, contoh : Bisnis dan Ekonomi, Kesehatan, Olahraga, dll. Dan fokus menulis di sana.
  3. Buat judul yang agak panjang dan spesifik. Sumber pengunjung internet paling banyak suatu blog adalah dari mesing pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) mereka rata-rata mencari topik atau bahasan tertentu. Seperti mencari tahu hal-hal baru, dll.
  4. Beri gambar yang menarik di postingnya, agar memancing pengguna untuk membuka posting kita, ini wajib ya. Jangan sampai postingan tidak ada gambarnya.
  5. Setiap posting wajib diberikan kategori
  6. Action sekarang juga. Seperti kata jargon Tokopedia, mulai aja dulu. Nanti diperjalanan anda baru akan merasakan petualangan sesungguhnya.

Forum Diskusi

Kalau denger kata forum jadi ke inget kaskus, hehe.. ya memang benar forum diskusi merupakan salah satu tipe website yang paling cuan dan bisa jadi lebih ringan pengelolaannya dari pada blog.

Konten yang ada pada forum diskusi lebih update karena yang mengupdate adalah penggunanya. Sehingga kita sebagai pemilik websitenya bisa menjadi moderator atau provokator supaya forumnya ramai. hehe

Tapi ingat ada konten-konten yang memang tidak diperkenankan disemua tipe website ya, seperti SARA, Kekerasan, Judi, Sex, Alkohol/Tembakau, dll

Free Online Tools

Apanih maksudnya online tools? Yaitu layanan gratis yang kita berikan sebagai pemilik website untuk digunakan oleh siapa saja di dunia maya. Contohnya : Cek resi gratis, Live skor olahraga, Upload gambar gratis, dll.

Ini lebih oke lagi, karena hampir tidak diperlukan lagi update konten website tersebut, namun effort di awalnya saja yang cukup besar karena tidak mudah membuat website dengan fitur seperti cek resi gratis contohnya, ini memerlukan keahlian programming.

Bonus Tips

Terakhir sebagai penutup, agar lebih cuan lagi buatlah ketiga website tersebut sekaligus dan saling beri dukungan antar website. Membuat website/blog sangat mudah bahkan bagi kamu-kamu yang belum lulus sekolah, tapi gabut seharian di rumah ppkm. Langsung aja pergi ke www.blogger.com untuk membuat website / blog pertamamu gratis!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama