'Flowless' Startup Palestina Masuk 10 Besar Startup Terpilih Ke Silicon Valley Internasional Startup Pitch.

apasih startup?

Startup adalah perusahaan rintisan, biasanya berbasis teknologi dan didirikan dengan tujuan memecahkan problematika yang sedang dan diprediksi akan terjadi. Contoh perusahaan yang didirikan dengan model startup di Indonesia Gojek, Bukalapak, Traveloka, Ruang Guru. Contoh startup Internasional yg besar2 SpaceX, Zoom, AirBnB, AntGroup, Canva, dll Startup didanai oleh venture capital semakin banyak venture capital yang mendanai sebuah startup nilai/valuasi startup tersebut akan semakin tinggi dan biasanya akan masuk ke level yang disebut unicorn, decacorn, dst..

Rata-rata produk teknologi yang kita pakai saat ini merupakan buah dari startup company, termasuk Whatsapp.

Flowless


Flowless didirikan oleh Baker Bozeyeh, seorang mahsiswa lulusan An-Najah National University tinggal di Ramalah, Palestina. Flowless membuat aplikasi/sistem pengelolaan ketersediaan dan distribusi air menggunakan IoT dan Artificial Intelegent disebuah wilayah. Dengan tujuan akhir melakukan efisiensi penggunaan air bersih. 

Mengapa Startup Penting?

Selain dikuasai oleh sebuah negara, saat ini dunia dikuasai juga oleh perusahaan startup. Sehari-hari kita menggunakannya dan tidak bisa lepas darinya, karena startup memang dapat hadir menjadi solusi problematika yang kita hadapi, atau mungkin startup hadir membuat trobosan yang ternyata menjadi solusi problematika.

Daftar negara2 yang memiliki startup dengan status unicorn :  United States (137), China (120), India (39), UK (18), Brazil (12), South Korea (12), France (10), Israel (7), Indonesia (6), Singapore (4), Switzerland (4), Hong Kong (4), Portugal (3), Sweden (3), Australia (2), Belgium (2), Canada (2), Germany (3), Luxembourg (2), Spain (3), Ukraine (2), UAE (2). Negara muslim hanya 2 Indonesia dan UAE.

Kita bisa bangga dan tentunya perlu memberikan dukungan kepada para perintis startup, dengan menggunakannya, atau menjadi donaturnya (venture capital) atau tidak menjatuhkannya :), Karena para startup ini biasanya belum punya model pasti untuk bertahan hidup (mencari untung) jadi biasanya sangat tergantung donatur (venture capital) menyedihkannya setiap donatur (venture capital) yang memberikan dana akan menguasai startup tersebut, contoh Bukalapak (startup yang didirikan oleh Achmad Zaky) yang valuasinya sudah  2.5 Miliar US dollar pendirinya sdh tidak punya kekuatan penuh.

Siapa saja dibalik venture capital besar? Bisakah kita menjadi venture capital? Ada dimana posisi dan kemampuan kita dalam dunia startup ini? Sejauh mana potensi bangsa ini bisa kita kembangkan?

Profile Baker Bozeyeh : https://www.f6s.com/bakerbozeyeh

Sumber Berita : 

 - https://fi.co/insight/founder-showcase-february-2021

 - https://www.ps.undp.org/content/papp/en/home/blogs/water-solutions-in-the-state-of-palestine.html

Web Flowless : http://flowless.co/en/

Referensi : 

 - https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_unicorn_startup_companies

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama