Cara memindahkan email dari Outlook Express ke Komputer lain

Punya komputer baru? Biasanya kita akan disibukkan oleh aktivitas pemindahan data dari computer lama ke komputer baru. Seperti contoh kaskus misalnya saja saya baru membeli notebook, untuk keperluannya bekerja di mana saja.

Data-data email saya semuanya ada dikomputer kantor, jadi saya cukup kesulitan untuk mencari data email yang lama jika saya sedang bekerja di rumah atau di luar kantor. Sehingga saya bermaksud mencari cara untuk membackup atau memindahkan semua email saya yang ada di Outlook Express komputer di kantor ke Outlook Express di Netbook baru saya (narsis lagi :p).

Setelah mencari-cari cara akhirnya sampailah saya pada sebuah lokasi di mana email saya di simpan oleh Outlook Express, yaitu di

C:\Documents and Settings\User\Local Settings\Application Data\Identities\{F1B8BD1C-3956-4588-8218-F459E2AD97A6}\Microsoft\Outlook Express\

Langsung saja saya menuju ke TKP :D, dan ternyata semua data email saya dari inbox, sent item, draft, dan folder-folder saya yang lainnya tersimpan semua di sini!

Ups, sebelum kita melangkah terlalu jauh dan mengingat tingkat keberhasilannya sudah mencapai 99% saya akan membuat langkah memindahkan atau membackup email Outlook Express ke Outlook Express di computer lainnya, agar lebih mudah dipraktekkan. ;)

Berikut ini adalah langkah-langkah memindahkan email Outlook Express ke Outlook Express di komputer lain :

  1. Masuklah anda ke dalam Outlook Express anda yang anda ingin ambil datanya. Dan setelah sampai pada Outlook Express anda, perhatikan lah folder milik anda.

    Pada Outlook Express punya saya, terdapat beberapa folder yang ada isinya maupun yang kosong. Di antaranya Inbox, Outbox, Sent Items, Deleted Items, Drafts, ahmadalimuddin mail, alie@telkom.net.id, dan terakhir wong_udik@telkom.net semua itu adalah folder-folder yang ada di Outlook Express saya, anda bisa melihatnya pada gambar di samping.


  2. Setelah memperhatikan folder apa saja yang akan kita amankan dari TKP, selanjutnya kita akan langsung menuju ke TKP untuk menggerebek folder-folder untuk mengamankannya. Pertama-tama saya akan memindahkan folder inbox saya dahulu. Pertanyaannya adalah 'Dimana lokasi Outlook Express menyembunyikan email-email di Inbox saya?'

    Jawabannya ada di -> Klik kanan pada folder -> Pilih Properties -> dan lihat alamatnya!

    Pada window Inbox Properties ada 2 Informasi yang bisa saya dapatkan yaitu :


    • This folder Contains, yang artinya menginformasikan jumlah email yang terdapat di dalam folder inbox.
    • This folder is stored in the following file, yang artinya menginformasikan lokasi penyimpanan email-email kita yang terdapat di dalam folder inbox.
  3. Nah informasi ini lah yang akan kita ambil, lansung saja copy paste lokasi penyimpanan folder inbox. Dan hasilnya akan memberikan alamat panjang seperti dibawah ini.

  4. C:\Documents and Settings\User\Local Settings\Application Data\Identities\{F1B8BD1C-3956-4588-8218-F459E2AD97A6}\Microsoft\Outlook Express\inbox.dbx

    Untuk menuju ke lokasi, hapus tulisan inbox.dbx, sehingga menjadi

    C:\Documents and Settings\User\Local Settings\Application Data\Identities\{F1B8BD1C-3956-4588-8218-F459E2AD97A6}\Microsoft\Outlook Express\

    pergilah ke My Computer atau explore, copy dan paste alamat di atas ke address bar.


    Tekan enter! Maka tempat penyimpanan email pun akan terungkap.



  5. Langkah selanjutnya adalah meng-copy file email yang anda ingin pindahkan ke computer baru anda atau kalao tidak punya computer baru ya computer lainnya aja lah :D, bisa di copy ke flash disk atau tempat penyimpanan data lainnya.

Setelah data email ada di dalam genggaman anda, sekarang tinggal menghidupkan computer anda yang satunya, dan mulai memindahkan J, langkah-langkah untuk memindahkan data ke computer lainnya adalah sama seperti kita mengambil data, lokasinya pun sama! Perbedaanya hanyalah kalau sebelumnya kita mengambil nah sekarang kita menaruh. Jadi sekarang, selamat mencoba sediti tips dan trick dari artikel sederhana ini, semoga bermanfaat. :D

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

4 Komentar

  1. Bertahun-tahun lalu saya tahu banyak program untuk bekerja dengan email yang rusak. Tapi sekarang aku tahu apa-apa. Dan akibatnya beberapa hari lalu saya sudah seperti situasi. email saya hilang pada alasan yang tidak diketahui. Aku masuk ke Google dan secara kebetulan muncul - outlook express corrupted dbx. Ini membantu saya dalam detik dan saya senang terkejut gratis. Selain itu saya menyarankan teman saya.

    BalasHapus
  2. terima kasih bro.. posting anda membantu gue banget..

    BalasHapus
  3. Terimakasih Outlook Express saya sudah bisa lagi . :)

    BalasHapus
  4. hallo.. saya udah ngikutin langkah2 pemindahan sampe menaruh di laptop baru. tapi pas saya nyalain outlook express nya, tetap aja kosong.. itu kenapa ya? please help.. thanks :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama