Cari Lowongan atau Mulai Berbisnis di Tahun 2021?

Memilih untuk mencari lowongan pekerjaan atau mulai merintis bisnis bagi teman-teman yang baru saja lulus sekolah ataupun lulus kuliah mungkin merupakan keputusan yang sulit, dan mungkin kalian sedang bingung untuk memulai langkah baru dalam hidup. 

Orang tua udah cerewet meminta kita cari lowongan kerja dan mulai rempong ke tetangga dan kerabat minta carikan lowongan untuk anaknya, di sisi lain ada godaan dari temen-teman untuk mulai bisnis kecil-kecilan tapi mau mulai cari modal takut mintanya ke orangtua. :) 

Atau mungkin kamu sudah ditanyain terus sama calon mertua kapan ngelamar anaknya tapi bingung belom punya usaha/pekerjaan yang jelas.

Kerja atau Bisnis?

Eksplore kali ini, ingin membantu teman-teman untuk lebih yakin mengambil keputusan mau cari kerja atau mulai bisnis dengan beberapa pertimbangan berikut ini.

Kenali potensi dirimu

Sebelum menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk mencari pekerjaan atau mulai bisnis, kamu perlu tanya dulu ke diri kamu sendiri apakah saat ini kamu memiliki modal baik finansial ataupun kemampuan untuk membuat bisnismu sendiri ataukah sebaiknya saat ini jadi karyawan dulu dengan beberapa pertanyaan sederhana berikut.

  • Apakah kamu bisa memulai mengerjakan tugas dan menyelesaikannya secara mandiri? 
  • Seorang karyawan diberikan tugas dan deadline oleh atasan, sedangkan bisnis owner dia menentukan tugas dan deadlinenya sendiri.
  • Bisa gak kamu menentukan target jangka pendek dan jangka panjang dan menyelesaikannya? 
  • Seorang karyawan bekerja untuk target orang lain, sedangkan bisnis owner bertanggungjawab terhadap rencana dan targetnya sendiri.
  • Apakah kamu orang yang disiplin dan punya motivasi kuat kalau bekerja untuk diri sendiri? 
  • Seorang bisnis owner adalah seorang disiplin yang pintar mengatur waktu, dia pandai memotivasi diri sendiri dan sadar bahwa tak ada kata sukses jika tidak disiplin. Sedangkan karyawan, seringkali atasannya lah yang memotivasinya untuk terus giat bekerja. 
  • Lalu, bisakah kamu mengatur keuangan pribadi dengan bijaksana? 
  • Keuangan pribadi seorang karyawan sudah ditentukan jelas setiap bulannya alias gajian, sedangkan bisnis owner dia harus siap mengelola keuangan, dia siap mengantisipasi jika suatu saat bisnisnya sedang drop maka dan siap mengambil peluang baru jika ada kesempatan untuk ekspansi bisnisnya.
Ayo sudah siapkah kalian? Harus dong :)

Fakta orang kaya

10 Orang terkaya di dunia merupakan pengusaha, 100 orang terkaya di dunia merupakan pengusaha, 1000 orang terkaya di dunia merupakan pengusaha. kalau mau kaya ya jadi pengusaha, jadi bisnis owner. Kalau mau jadi orang yang sedang-sedang saja dan gak mau repot-repot pengen jadi orang kaya, kamu bisa jadi karyawan.

Kepastian atau Kebebasan

Kepastian inilah yang biasanya tidak dimiliki oleh bisnis owner, setiap harinya mereka harus berfikir keras meningkatkan omset perusahaan sedangkan karyawan karena setiap bulannya mereka sudah pasti dapat gaji dengan nominal tertentu.

Maka biasanya pertanyaan calon mertua kepada calon menantunya adalah "Kamu kerja di mana sekarang? atau Pekerjaan kamu apa sekarang?" dan calon mertua pasti senyumnya lebih lebar kalau calon menantu menjawab "Alhamdulillah, baru di angkat jadi PNS di Dinas PU pak", dibanding dengan jawaban "Alhamdulillah, sekarang lagi buka usaha kecil-kecilan, jual minuman es kopi susu di depan SMA 60"

Trend Lowongan dan Bisnis

Gambar 1.Trend minat lowongan dan bisnis 5 tahun terakhir

Gambar 2. Trend minat lowongan dan bisnis 1 tahun terakhir

Jika kita perhatikan trend orang mencari lowongan atau ingin berbisnis di Indonesia dalam 5 tahun terakhir (gambar1) pada tahun 2016 kita melihat anak muda di Indonesia masih lebih memilih untuk mencari lowongan (menjadi karyawan) dari pada ingin memulai berbisnis dan gap-nya kita melihat cukup jauh ya. 

Nah mulai tahun 2020 minat ke bisnis mulai bisa mengungguli minat untuk mencari lowongan. Bisa jadi pandemi Covid-19 turut mengakselerasi trend ini. Namun jika ditarik garis lurus secara umum kita melihat grafik 5 tahun terhadap lowongan semakin menurun, sedangkan minat untuk bisnis cenderung stabil ke arah naik walaupun cukup kecil.

Pada gambar 2, kita melihat tren lowongan dan bisnis di 1 tahun terakhir, keduanya saling susul-menyusul walaupun secara akumulasi tren lowongan masih unggul sedikit.

Kesimpulan

Menjadi karyawan ataupun memulai bisnis keduanya merupakan hal positif, kita perlu menilai kemampuan diri dulu untuk memulai. Yang penting action, alias mulai aja dulu. :) Kalau kebanyakan difikir jatuhnya malah bukan karyawan atau pengusaha tapi malah jadi pengangguran. hehe

Selamat beraktifitas, semoga sukses semuanya.

Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama