Cara Mengakses NextCloud Menggunakan WebDav

Apa itu Nextcloud?

Nextcloud adalah perangkat lunak peladen klien untuk membuat dan menggunakan layanan hos berkas. Secara fungsional mirip dengan Dropbox, meskipun Nextcloud gratis dan sumber terbuka, tetapi tak menutup kemungkinan untuk siapa pun menginstal dan mengoperasikannya di peladen pribadi. -Wikipedia

Intinya Nextcloud adalah software atau layanan alternatif dari Google Drive / Dropbox yang Open Source. Kenapa pilih nextcloud bukan owncloud? Selera. :)

Webdav? (Web Distributed Authoring and Versioning) Apa itu? Adalah sebuah teknologi yang memungkinkan anda mengakses file atau folder di sebuah web menggunakan protokol HTTP. Singkatnya dengan webdav anda bisa akses (copy-paste, edit, delete, rename) file dan folder yang ada di web seperti file dan folder tersebut ada di windows explorer komputer anda secara realtime.

Cara Mengaktifkan Fitur Webdav di Nextcloud

Fitur webdav tidak langsung aktif pada saat anda telah selesai melakukan instalasi Nextcloud. Untuk mengaktifkan fitur webdav anda harus menggunakan 3rd party apps (plugin) tambahan, akses menu Apps di pojok kanan atas pada logo profil (anda harus mempunyai akses sebagai administrator).

Setelah masuk ke menu Apps, anda akan melihat beberapa aplikasi pihak ketiga (plugin) yang telah default terinstall, biasanya yang official. Untuk menambahkan webdav pilih kategori integration dan pilih aplikasi "External user authentication" klik "Download and enable"

Selesai!

Cara Mengakses Wevdav di Komputer Berbasis Windows

Coming Soon!
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama