Kontribusi Umat Islam dalam Dunia IT

Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi sangat cepat dan mempunyai persaingan yang ketat. Sama halnya dalam dunia internet, kita umat Islam masih sangat terbelakang dan kelihatan hanya seperti penikmat teknologi informasi hasil karya orang-orang yang rata-rata non-muslim. Lalu apa kontribusi kita umat Islam dalam perkembangan IT ? Website-website apa saja yang mempunyai kontribusi dan perhatian dalam perkembangan IT?

Seminggu yang lalu saya mengikuti sebuah kajian atau anda bias bilang itu seminar, yang membahas tentang kontribusi umat Islam dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi. Menghadirkan sang pembicara ust. Khairul Anwar dan satulagi salah seorang tenaga ahli IT dari situs eramuslim.com, dan ada satu tamu tak diundang dari detik.com.

Panjang lebar sang pembicara membeberkan keterbelakangan umat Islam dalam hal dunia IT, pemain-pemain besar seperti google, yahoo, facebook, twitter, youtube dll. Semuanya dikuasai oleh orang-orang yang justru bukan dari Islam.

So what does it all means?
Pesan akhir video singkat yang ditayangkan oleh pembicara mengutip sebuah kalimat tanya yang berbunyi ‘So what does it all means?’ Kemanakah anda? Kemanakah kita? Yang tenggelam dalam facebook, yang tenggelam dalam yahoo messengernya. Apa kontribusi kita?

Di bawah ini beberapa kontribusi hasil kerja keras saudara kita dalam menyikapi perkembangan dunia IT.

Eramuslim.com, situs berita yang mempunyai jargon media Islam rujukan ini memang telah berhasil membuat jargonnya itu menjadi nyata bagi pencari berita umat Islam di Indonesia. Mirza Nasution adalah pendirinya.

MyQuran.com, merupakan forum muslim terbesar di Indonesia, kalau kaskus itu forum umum terbesar, Myquran.com forum muslim terbesar!

Sabili.co.id, siapa yang tidak kenal majalah sabili? Majalah yang mengupas secara dalam fakta-fakta dibalik peristiwa yang menimpa kaum muslimin. Majalah sabili sangat terpercaya menurut saya dalam hal mengupas secara dalam peristiwa dan fenomena sesungguhnya yang terjadi dalam umat Islam.

Alhikmah-online.com, Website yang satu ini lebih meninjau dan membahas Fiqih islam. Lewat website Masjid Alhikmah ini kita dapat berkonsultasi tentang masalah fiqih Islam kepada Ulama-ulama dan Ustadz-ustadz yang kompeten dan tidak diragukan lagi kefasihannya dalam bidang fiqih Islam.

Arenamuslim.com, sebuah situs berita umat Islam yang didirikan oleh para remaja muslim yang telah sadar bahwa kita pun umat Islam harus menguasai media. Dalam hal ini media internet.

Lalu apa kontribusi anda? Apa yang sudah anda buat? Jika anda hanya seorang pembaca, apa yang telah anda baca? Masih asingkah nama-nama website diatas bagi telinga anda?
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

5 Komentar

  1. sejujurnya saya kecewa dengan artikel ini.
    tadinya saya pikir saya bisa melihat artikel yang mengupas sumbangan umat Islam ke dunia dalam hal penemuan-penemuan di bidang IT. ternyata cuma list website-website saja.

    BalasHapus
  2. ternyata banyak juga kontribusi kaum muslim terhadap perkembangan IT..Mudah2an akan tambah banyak lagi kaum muslim yang bergabung memberikan kontribusinya..
    nice share..

    BalasHapus
  3. Ya memang hanya sebatas website, namun justru itulah yg sesungguhnya harus kita ummat islam kuasai, yaitu media.

    akhir2 ini tentu kita merasakan bagaimana dampak sebuah media dengan berita-beritanya yg secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir masyarakat kita.

    untuk itu saya kira, kita harus memulainya walaupun hanya dari sebuah website saja :)

    Dan mudah-mudahan kaum muslim lainnya semakin banyak yg bergabung dan memberikan kontribusinya, yaitu sekecil-kecilnya mengunjungi website-website yg dikelola oleh kaum muslim, saya rasa beritanya pun sangat bermanfaat bagi kita semua :)

    BalasHapus
  4. Thank you so much..

    BalasHapus
  5. terima kasih
    nanti saya kembali lagy...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama